Perguruan Tinggi Swasta Jawaban Kesuksesan Anda Saat Ini


Menentukan sebuah pilihan memang sulit, apalagi menyangkut masa depan untuk melanjutkan sekolah di tingkat perguruan tinggi, ada dua pilhan besar antara Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Fenomena yang terjadi di masyarakat sungguh ironis kalau diumpamakan, dimana timbul ketidakpercayaan terhadap kualitas Perguruan Tinggi Swasta tersebut. 

Bayak orang tua dan guru-guru pengajar si SMA yang menganjurkan dan memaksakan anak didiknya untuk masuk di Perguruan Tinggi, padahal perguruan tinggi negeri juga belum tentu menjamin kualitas peserta didiknya itu. Memang untuk beberapa perguruan tinggi populer dan prestige memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan juga. Tetapi itu semua tergantung prespektif dari masing-masing orang kan, memang ada yang mengedepankan kualitas semata tetapi juga ada yang mengedepankan pembelajaran yang didapat di tempat perkuliahan tersebut.


Memang sulit menghapus paradigma kuno terhadap PTS ini, banyak orang tua dan guru pendidik yang merasa tidak percaya terhadap PTS tersebut . Padahal banyak sekali perguruan tinggi yang memiliki pengalaman dan prestasi yang patut diperhitungkan juga ketimbang perguruan tinggi negeri semisal UMM (Universitas Muhammadiyah )Malang, UPH (Universitas Pelita Harapan), Universitas Petra Surabaya, ITN (Institut Teknologi Nasional )Malang, Universitas  Paramadina dan masih banyak lainnya yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu dalam tulisan ini.

Tidak bisa dipungkiri juga banyak sekali PTS yang tidak memenuhi syarat dalam semua hal, disini penulis tidak etis kalau menyebutkan PTS mana saja yang termasuk tidak memenuhi syarat tersebut. Banyak poin yang bisa diteliti termasuk kualitas pengajar, akreditasi dari BAN (Badan Akreditasi Nasional), dan juga iklim lingkungan di tempat perkuliahan tersebut.

Sebagai catatan kecil untuk para orang tua dan guru pembimbing inilah referensi Perguruan Tinggi Swasta yang InsyAlllah berkualitas dari beberapa segi untuk wilayah Jawa Timur (regional VII):

1. UMM Malang (Universitas Muhammadiyah Malang)
2. Universitas Kristen Petra Surabaya
3. UPH (Universitas Pelita Harapan) Surabaya
4. UBAYA (Universitas Surabaya)
5. ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang
6. ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
7. UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Surabaya
8. STIKOM (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer) Surabaya

Tetapi penulis juga tidak bisa mengharapkan dan menjamin semua itu, kesuksesan dalam berkuliah tidaklah menggunakan patokan PTN atau PTS , banyak juga orang-orang sukses dari PTS dan juga banyak pula dari PTN. Tinggal bagaimana kita menggali semua ilmu di bangku perkuliahan itu dan menerapkannya pada masyarakat. 





Ditulis oleh : aditya_trihutama

1 comments:

defantri mengatakan...

Nice post...
Gambarnya saya pinjam ya,..sumber ditampilkan.
tq.

Poskan Komentar

Terimah kasih telah memberikan komentarnya